Laporan Magang 3 Unismuh Makassar
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Visi
Misi Sekolah
- Visi SekolahM
- Misi Sekolah
- Menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan melalui pengalaman ajaran agama yang dianut.
- Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam rangka mengembangkan potensi siswa secara optimal.
- Menanamkan kedisiplinan dalam rangka pembentukan karakter bagi seluruh warga sekolah.
- Mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa dalam bidang akademik maupun non akademik.
- Menumbuhkan semangat dan kreatifitas dalam merenofasi bagi seliruh warga sekolah.
- Menumbuhkembangkan budaya bersih, rapi, indah, asri, dan peduli lingkungan bagi seluruh warga sekolah.
- Menanamkan anti korupsi dan anti narkoba bagi seluruh warga sekolah.
- Melestarikan nilai-nilai budaya daerah dan budaya bangsa bagi peserta didik.
- Membudayakan senyum, salam, sapa, sopan, santun, semngat dan sepenuh hati bagi seluruh warga sekolah.
- Menerapkan manajeman berbasis sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dengan melibatkan selruh kompenen sekolah
- Tujaun Sekolah
- Mengupayakan pemenuhan kebutuhan siswa guna meningkatkan mutu pendidikan.
- Menjawab respon masyarakat yang antusias memasukan putra putrinya ke SMP Negeri 13 Makassar terbukti dengan jumlah siswa dari tahun ketahun semakin meningkat.
- Menyediakan ruang belajar yang representatif yang sangat kami butuhhkan demi lancarnya proses belajar mengajar.
- Mengingat banyaknya siswa yang tinggal dilingkungan SMP Negeri 13 Makassar di perlukan wadah untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler sesuai dengan potensi dan minat siswa.
B.
Profil Sekolah
Profil Sekolah
Nama
Sekolah : SMP Negeri
13 Makassar
Alamat : Jl.
Tamalate VI No 2 Perumnas
Kecamatan
Rappocini kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.
Kode
Pos : 90222
Telp.
: (0411) 868415
Nomor
Statistik : 201196009068
NPSN : 40307334
NPWP
: 000578526805000
E-Mail : smpn13_mksr@yahoo.co.id
Website : http://www.smpn13makassar.sch.id
Status : Terakreditasi A.
Nama
Kepala Sekolah : Drs. Ramli.,M.Pd
No
HP :
085399009910
Kategori
Sekolah : SSN
Tahun
didirikan : Tahun 1980/1981
Kepemilikan
Tanah : Pemerintah
a.
Luas Tanah/ Status : 17693 /
SHM
b. Luas
Bangunan : 2975
B.1. Riwayat Singkat Pendiri dan
Pembina Sekolah
SMP Negeri 13 Makassar adalah suatu lembaga pendidikan dan lembaga
pendidikan formal memiliki peran yang sangat penting dalam menopang pendidikan moral
serta intelektual masyarakat dan bangsa.
Dalam rangka meningkatkan
pendidikan khususnya pendidikan dasar menengah sejak tahun 1980-1981 didirikan
untuk mengantisipasi lonjakan lulusan SD sampai dampak keberhasilan program
wajar dikdas 9 tahun, dan juga untuk efesiensi dan pemberdayaan sumber daya
yang tersedia pada SMP Negeri 13 Makassar. Oleh karena kami berniat membantu
pemerintah dalam pembentukan SDM yang berkualitas baik IMTAK maupun IPTEK.
SMP Negeri 13 Makassar
didirikan pada tahun 1980/1981 kemudian diberi nama SMP Negeri 13 Makassar.
Sebuah nama yang diberikan oleh pemerintah. Kepemilikan tanah/bangunan
merupakan milik pemerintah dengan luas tanah 17693/
SHM dan luas bangunan 2975
B.2. Fasilitas Sekolah
Sebagai
sekolah menengah pertama, SMP Negeri 13
Makassar memiliki fasilitas yang dapat dikategorikan sangat memadai dan
mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar yang kondusif. Sekolah SMP Negeri 13 Makassar dengan prioritas yang tinggi memiliki bangunan, kantor, ruangan belajar, mushallah, kantin, dan lain-lain.
Jenis Ruangan
|
Jumlah
|
Kondisi
|
||||
Luas(m2)
|
Baik
|
Rusak
Ringan
|
Rusak
Berat
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
|
Kelas/Teori
Kepala Sekolah
Guru
Pegawai
Perpustakaan
Laboratorium IPA
keterampilan
Laboratorium Komputer
OSIS
BK
Laboratorium Bahasa
UKS
10 K
Pramuka
PMR
Koperasi Siswa
Rumah Bujang
WC Siswa
WC Gru/Pegawai
Gudang
Dapur
Pos Satpam
|
30
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
10
2
1
1
1
|
7
x 9
10
x 5
18
x 7
14
x 9
18
x 7
12
x 8
15
x 9
9
x 7
9
x 7
9
x 7
9
x 7
7
x 6
9
x 4
7
x 4
6.5
x 4
9
x 3
9
x 7
10
x 5
3
x 1,5
7
x 2
2
x 1,5
6
x 3
|
28
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
10
2
1
1
1
|
2
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
JUMLAH
|
62
|
19.232 m2
|
60
|
2
|
-
|
B.3. Keadaan Siswa
B.3.1. Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru di SMP Negeri 13 Makassar dilaksanakan
dengan cara para peserta didik yang ingin mendaftarkan diri di SMP Negeri 13
Makassar mengambil formulir dan mengisi formulir tersebut dan dilengkapi dengan
lampiran berupa kartu keluarga dan akta kelahiran. Di SMP Negeri 13
Makassar menerima siswa baru dengan melakukan ujian seleksi dan yang dinyatakan
lulus seleksi maka akan diterima sebagai murid baru di SMP Negeri
13 Makassar. Dan
sebagian kecil ialah pindahan sekolah lain.
B.3.2. Proses Kenaikan Kelas
1. Dilaksanakan pada setiap akhir tahun
pelajaran atau setiap semester genap.
2. Kenaikan kelas didasarkan pada
penilaian hasil belajar pada semerter genap, dengan pertimbangan seluruh SK/KD
yang belum tuntas pada semester ganjil, harus dituntaskan sampai mencapai KKM
yang ditetapkan, sebelum akhir semester genap. Hal ini sesuai dengan prinsip
belajar tuntas (mastery learning), peserta yang belum mencapai ketuntasan
belajar sesuai dengan KKM yang ditetapkan, maka yang bersangkutan harus
mengikuti pembelajaran remedial sampai siswa yang bersangkutan mampu mencapai
KKM dimaksud. Artinya, nilai kenaikan kelas harus tetap
memperhitungkan hasil belajar peserta didik selama satu tahun pelajaran
yang sedang berlangsung meskipun demikian tetapi tidak ada siswa yang tinggal
kelas karena di SMP Negeri 13 Makassar menggunakan program SKTB (Sistem Kelas
Tuntas Berkelanjutan).
B.3.3. Waktu Belajar
Waktu belajar SMP Negeri
13 Makassar di mulai dari pukul 07.30-15.00
wita.
B.3.4. Jumlah Siswa
Jumlah siswa SMP
Negeri 13 Makassar yaitu 1070 orang yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak
474 orang dan siswa perempuan sebanyak 569 orang. Adapun perinciannya dapat
dilihat pada tabel berikut.
·
Jumlah siswa SMP Negeri
13 Makassar kelas VII
·
KELAS
|
JENIS
KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
VII.1
|
14
|
22
|
36
|
VII.2
|
14
|
22
|
36
|
VII.3
|
13
|
23
|
36
|
VII.4
|
16
|
20
|
36
|
VII.5
|
9
|
27
|
36
|
VII.6
|
15
|
21
|
36
|
VII.7
|
13
|
23
|
36
|
VII.8
|
8
|
28
|
36
|
VII.9
|
18
|
18
|
36
|
VII.10
|
19
|
17
|
36
|
VII.11
|
18
|
18
|
36
|
JUMLAH
|
157
|
239
|
396
|
·
Jumlah siswa SMP Negeri
13 Makassar kelas VIII
KELAS
|
JENIS
KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
VIII.1
|
14
|
22
|
36
|
VIII.2
|
16
|
20
|
36
|
VIII.3
|
16
|
20
|
36
|
VIII.4
|
15
|
21
|
36
|
VIII.5
|
15
|
21
|
36
|
VIII.6
|
14
|
22
|
36
|
VIII.7
|
15
|
21
|
36
|
VIII.8
|
21
|
15
|
36
|
VIII.9
|
13
|
23
|
36
|
VIII.10
|
16
|
18
|
34
|
JUMLAH
|
155
|
203
|
358
|
·
Jumlah siswa SMP Negeri
13 Makassar kelas IX
KELAS
|
JENIS KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
IX.1
|
16
|
19
|
35
|
IX.2
|
16
|
18
|
34
|
IX.3
|
18
|
17
|
35
|
IX.4
|
19
|
17
|
36
|
IX.5
|
18
|
15
|
33
|
IX.6
|
15
|
21
|
36
|
IX.7
|
17
|
17
|
34
|
IX.8
|
15
|
19
|
34
|
IX.9
|
16
|
19
|
35
|
IX.10
|
15
|
19
|
34
|
JUMLAH
|
165
|
181
|
346
|
Jumlah siswa kelas VII : 396
orang
Jumlah
siswa kelas VIII : 358 orang
Jumlah
siswa kelas IX : 346 orang
B.4.
Personil
B.4.1 Guru
No
|
Nama Guru
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Drs.
Ramli, M.Pd
|
Bahasa
Daerah
|
2
|
Drs.
Sompo
|
IPS
Sejarah
|
3
|
Hj.
Syarifa Mufidah, S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
Dra.
Hj.St. Nurliah Zainuddin
|
Pkn
|
5
|
Dra.Muslihati
|
Pend.
Agama Islam
|
6
|
Dra.
Hj. Sudarni
|
IPA
Fisika
|
7
|
Dra.
Hj.St.Suharni
|
Pkn
|
8
|
Hj.St.
Huderiah Silan, S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
9
|
Hj.
Nurlaila, S.Pd
|
Matematika
|
10
|
Dra.
Nursia Tini
|
IPA
Fisika
|
11
|
H.
Syamsuddin S, S.Pd
|
IPA
Fisika
|
12
|
Rosmini,
S.Pd
|
BK
|
13
|
Hamidah,
S.Pd.I
|
Pend.
Agama Islam
|
14
|
Dra.Siti
Dahlia Said, M.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
15
|
Hj.Hadiama,
S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
16
|
A.Farida AM, S.Pd
|
KTKs
|
17
|
Rahmatiah,
S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
18
|
Asmawati,
S.Pd
|
IPA
Biologi
|
19
|
Idah,
S.Pd
|
IPA
Biologi
|
20
|
Syamsuharty
S, S.Pd
|
Matematika
|
21
|
Ismuddin,
S.Pd
|
Penjas
|
22
|
Radiawati,S.Pd
|
BK
|
23
|
Bayanuddin,
S.Pd, M.Pd
|
Matematika
|
24
|
Drs.
Syafruddin Syam
|
Bahasa
Inggris
|
25
|
Nirwana
Ahmad Sahi, S.Pd.I
|
KIRT
|
26
|
Kamsiah,
S.Pd, M. Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
27
|
Dra.
Husnah
|
Bahasa
Indonesia
|
28
|
Kamira,
S.Pd
|
Matematika
|
29
|
Asika
Hartini, S.Pd
|
IPA
Biologi
|
30
|
Fatmawati,
S.Pd
|
Penjas
|
31
|
Dra.
Ulfaizah Noer
|
Bahasa
Inggris
|
32
|
Drs.
Edy Suhartono
|
IPS
Sejarah
|
33
|
Hj.
Nurhany Nurdin, S.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
34
|
Hj.
Hasniah J. Chalid
|
KTKs
|
35
|
Hj.
St. Nurhaidah, S.Pd, M.Pd
|
Bahasa
Indonesia
|
36
|
Hamriati.
H,S.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
37
|
Juliana,
S.Pd
|
IPS
Geografi
|
38
|
Farida
Ariani, S.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
39
|
Dra.
Sri Sundari
|
PKn
|
40
|
Laode
Panji, S.Pd
|
Matematika
|
41
|
Hudanus
|
KTKs
|
42
|
Daniel
Tane, S. Th
|
P.A
kristen
|
43
|
Sudmawaty,
S.Pd, M.Pd
|
KTKs
|
44
|
Asni,
S.Pd
|
Matematika
|
45
|
Hj.
Herawati, S.Pd
|
Matematika
|
46
|
Rosmawati,
S.Pd
|
BK
|
47
|
Nur
Rajemi Hasan, S.Pd, M.Pd
|
IPA
Biologi
|
48
|
Akbar
Tanjung, S.Pd
|
PKn
|
49
|
Dala
|
IPA
Biologi
|
50
|
Warda
Wahid, S.Pd
|
Penjas
|
51
|
Usmariani,
S.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
52
|
Rafiuddin
Ramdhir, S.Pd
|
Penjas
|
53
|
Hartati,
S.Pd
|
Bahasa
Inggris
|
54
|
Baharuddin,
S.Pd
|
IPS
|
55
|
Rosdiawati,
S.Ag
|
Pend.
Agama Islam
|
56
|
Muammar,
S.Ag
|
Pend.
Agama Islam
|
57
|
Hasni,
S.Pd
|
KIRT
|
B.4.2 Nama Staf
Tata Usaha
No
|
Nama
Staf
|
Jabatan
|
1
|
Astati
Amir, S. Sos
|
Kep.
Tata Usaha
|
2
|
Husnaeni,
S.Sos
|
Staf
TU
|
3
|
Sitti
Raodah, S.Sos
|
Staf
TU
|
4
|
Kurniaty,
S.Sos
|
Staf
TU
|
5
|
Salam,
S.Sos
|
Staf
TU
|
6
|
Faridawati,
S.Pd
|
Peg.
Honor
|
7
|
Nurmiyati,
S.Kom
|
Peg.
Honor
|
8
|
Ichwana
Ismail, S.Pd
|
Peg.
Honor
|
9
|
Nur
Fahmi Utami, S.Pd
|
Peg.
Honor
|
10
|
A.Hasfirawati,
S.Pd
|
Peg.
Honor
|
B.4.3 Nama
Petugas Keamanan
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Sarlis
|
Satpam
|
2
|
Johanis
Matekohy
|
Satpam
|
3
|
Abd.
Kadir
|
Bujang
|
4
|
Triani
|
Bujang
|
5
|
Umar
|
Bujang
|
6
|
Basri
|
Bujang
|
BAB
II
PELAKSANAAN
DAN PERMASALAHAN
PENDIDIKAN
DI SEKOLAH
A.
Ulasan
Bidang Studi
A.1. Persiapan Perangkat
Pembelajaran
Memasuki
tahun ajaran baru, tentu ada hal penting yang tidak bisa dilupakan oleh para
pendidik, yaitu persiapan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran sangat
penting bagi seorang pendidik karena akan berpengaruh terhadap persiapan,
proses, dan evaluasi belajar. Perangkat tersebut harus disusun berdasarkan
kebutuhan dan mengacu kepada silabus atau kurikulum yang berlaku.
Permasalahannya adalah apakah para pendidik saat ini
sudah mengembangkan silabus dan rencana pembelajaran atau rencana
pelaksanaan pembelajaran (selanjutnya disingkat RPP)? Ingat, seorang guru
harus dapat mengembangkan silabus dan RPP agar pembelajaran mencapai hasil yang
baik dan dapat membentuk karakter peserta didik.
Silabus adalah rencana
pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang
mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian,
alokasi waktu, dan sumber belajar.
Untuk mengimplementasikan program pembelajaran
yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun RPP. RPP merupakan
pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium,
dan/atau lapangan
untuk setiap kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP
memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya
pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun silabus maupun RPP
guru harus mencantumkan kompetensi inti yang mencakup Kompetensi
Dasar yang akan disusun dalam silabus dan RPP-nya. Perbedaan antara silabus
dengan RPP adalah di dalam RPP, secara rinci, guru harus menuliskan Tujuan Pembelajaran,
Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaiannya.
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan panduan kegiatan
guru dalam kegiatan pembelajaran sekaligus uraian kegiatan siswa yang
berhubungan dengan kegiatan guru. RPP disusun berdasarkan indikator-indikator
yang mengacu pada prinsip dan karakteristik pembelajaran yang dipilih yang
berisi tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan
penilaian hasil belajar.
b.
Buku
Buku merupakan perangkat pembelajaran yang ke dua yang harus
disiapkan sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Buku sebagai bahan tertulis
merupakan buku yang berisi suatu ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap
kurikulum dalam bentuk tertulis. Sedangkan buku yang baik adalah buku yang
ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, disajikan
secara menarik dilengkapi dengan gambar dan keterangan-keterangannya, isi buku
juga menggambarkan sesuatu yang sesuai dengan ide penulisnya.
c.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Perangkat pembelajaran yang menjadi pendukung buku dalam
pencapaian kompetensi dasar siswa adalah lembar kegiatan siswa (LKS). Lembar
ini diperlukan guna mengarahkan proses belajar siswa, dimana pembelajaran yang
berorientasi kepada peserta didik, maka serangkaian langkah aktivitas siswa
harus berkenaan dengan tugas-tugas. Dengan adanya lembar kegiatan siswa ini,
maka partisipasi aktif peserta didik sangat diharapkan, sehingga dapat
memberikan kesempatan lebih luas dalam proses konstruksi pengetahuan dalam
dirinya.
A.2. Masalah Proses
Mengenai
proses belajar mengajar di lokasi Magang 3, para mahasiswa telah melaksanakan
prosesnya sesuai dengan tata aturan mengajar yang berlaku di sekolah. Namun tentunya ada
beberapa hal yang menjadi permasalahan umum di antaranya adalah :
·
RPP merupakan salah
satu komponen dari kulikuler yang sangat penting artinya, khusus bagi para guru
yang akan menyampaikan materinya di depan kelas. Dengan adanya RPP, maka
seorang guru akan mengetahui tujuan yang akan dicapai secara jelas, metode,
media, dan penyusunan alat evaluasi. Dengan demikian tujuan pengajaran dapat
dicapai sesuai dengan yang diinginkan.
Mahasiswa sebagai
tenaga pengajar dalam hal ini mendapat bimbingan dalam pembuatan RPP dari guru
pamong dan dosen pembimbing.
·
Dari mahasiswa Magang 3
sendiri adalah kurangnya kesiapan dan pengalaman dalam menyampaikan materi
dengan menggunakan metode yang tepat di dalam kelas. Hal-hal materi teknis
seperti penguasaan kelas dan menjelaskan materi masih menjadi kendala. Faktor
kewibawaan mahasiswa Magang juga menjadi persoalan mengingat rata-rata
mahasiswa Magang 3 masih berusia muda. Hal ini terkadang membuat peserta didik
tidak segan dan tidak respek dengan pengajaran yang diberikan oleh mahasiswa
Magang .
·
Dari peserta didik itu
sendiri adalah kurang respek terhadap mahasiswa Magang. Mereka terkadang
menganggap remeh pengajaran IPS oleh mahasiswa Magang. Hal ini terlihat dari
tugas-tugas yang tidak dikerjakan, mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain,
tidak memperhatikan guru selama proses belajar mengajar berlangsung, dan
hal-hal lainnya.
Meskipun
demikian, mahasiswa Magang
menganggap masalah-maslah tersebut diatas lumrah terjadi dimana mahasiswa baru
pertama kali berhadapan dengan peserta didik secara langsung dalam kelas. Semua
masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan baik dikarenakan mahasiswa sudah
dibekali beberapa ilmu pengetahuan pendidikan dan pengajaran, serta berkat
bantuan dari guru pamong sebagai pemegang mata pelajaran tersebut, beserta
saran-saran dari dosen pembimbing.
A.3. Partisipasi dan Adaptasi Sekolah
Proses yang dilaksanakan sejak
perencanaan hingga pelaksanaan, dimulai sejak observasi, yaitu penjajakan
lokasi yang akan dijadikan tempat Magang 3 dilaksanakan, sampai pelaporan
selesai.
Partisipasi
peserta didik dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah sangat kurang,
ini terbukti dengan kurangnya antusias peserta didik masuk di kelas, tidak
disiplin terhadap waktu dan peserta didik kurang aktif memperhatikan pelajaran
yang di ajarkan.
B.
Bimbingan
Guru Pamong dan Dosen Tutor
B.1.
Kegiatan Latihan Mengajar
Bimbingan
dengan guru pamong, berlangsung selama kegiatan Magang 3 secara efektif dan efisien. Guru
pamong senantiasa memberikan saran terkait dengan pembelajaran yang hendak
praktikan lakukan. Sebelum latihan mengajar di kelas, praktikan terlebih
dahulu mengkonsultasikan perangkat mengajarnya kepada guru pamong. Guru pamong
tak segan-segan memberi bantuan kepada praktikan baik yang menyangkut
penyusunan perangkat maupun latihan mengajar di kelas. Guru pamong memberikan
saran dan kritik yang membangun kepada praktikan yang tentu sangat bermanfaat. Bimbingan dengan dosen pembimbing,
dilakukan setiap dosen pembimbing datang ke sekolah latihan. Hal-hal yang
dikoordinasikan mengenai materi yang diajarkan, sistem pengajaran yang
baik, kesulitan-kesulitan selama Magang di sekolah latihan, masalah-masalah
yang menghambat selama Magang di sekolah latihan, informasi-informasi terbaru
baik dari sekolah latihan maupun, serta pelaksanaan ujian praktik mengajar.
B.2.
Kegiatan Pendidikan Lain
Kegiatan
Ekstrakurikuler Sesuai dengan yang dianjurkan dosen
pembimbing, juga oleh pihak sekolah, maka kegiatan praktikan tidak hanya
dilakukan dikelas pada jam pelajaran efektif, tetapi kegiatan-kegiatan diluar
jam efektif. Seperti pada siang hari setelah jam pelajaran selesai praktikan
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berupa:
a. Mahasiswa
juga memberikan pesan-pesan
moral atau nasehat-nasehat yang akan membangkitkan motivasi siswa untuk giat
belajar untuk meraih apa yang diinginkan.
b.
Mengawasi siswa yang
ujian dan memeriksa hasil ujiannya.
c.
Membuat analisis hasil
belajar siswa yang meliputi tugas mahasiswa Magang
juga membuat soal harian serta membuat dan membahas soal-soal yang diberikan.
d.
Dari hasil analisis
kemudian diadakan tindak lanjut berupa pengayaan dan remedial kepada siswa yang
belum tuntas belajar atau mendapat nilai bawah standar dalam bentuk memberikan
tugas khusus pada saat mengajar sekolah.
e.
Melaksanakan
administrasi kelas yakni membuat atau mengadakan absensi siswa sebagai upaya
memotivasi siswa agar aktif mengikuti pelajaran.
f.
Mengadakan lomba
yaitu kegiatan 17 Agustus yang diikuti oleh peserta didik.
g.
Mahasiswa mengikuti
penjemputan siswa secara bergantian
setiap pagi, ini guna mengetahui siswa yang melanggar aturan tata tertib yang
ada disekolah
Kegiatan ini dilakukan agar apa yang
telah dipelajari selama ini dalam bangku perkuliahan dapat secara langsung
diterapkan secara terbimbing baik dari guru pamong maupun dari dosen pembimbing
yang bersangkutan.
C.
Kegiatan Penanggulangan Masalah
C.1. Proses Belajar Mengajar
Masalah yang sering muncul dalam
proses belajar mengajar Bidang Studi Sosiologi
yang dirasakan mahasiswa Magang 3 dalam kegiatan ini dapat menjadi pelajaran
dan motivasi untuk memperbaiki diri, namun sekecil apapun masalah itu selalu di
konsultasikan dengan guru pamong dan dosen pembimbing. Misalnya, penyediaan
sumber pengajaran, pengelolaan kelas, dan lain-lain, berkat konsultasi dengan
berbagai pihak tersebut maka masalah yang dihadapi selama Magang dapat teratasi dengan
baik.
Sesuai dengan uraian yang telah
dibahas di atas perihal permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar
pada bagian ini kami menjelaskan pemecahan masalah dari permasalahan di atas :
·
Materi pelajaran yang
dibawakan oleh guru yang bersangkutan harus menggunakan waktu dan metode yang
sesuai dengan materi pelajaran dan
kondisi peserta didik.
·
Mengadakan pendekatan
secara aktif terhadap peserta didik mengingat peserta didik memiliki
langkah-langkah selanjutnya.
·
Seorang guru harus
mampu memberikan motivasi dan perhatian pada peserta didik.
C.2. Penanggulangan Masalah
Pendidikan Lainnya
Permasalahan yang ada pada
pendidikan lainnya ditemukan saat kami sebagai mahasiswa Magang mendapat
kesulitan untuk mengerjakan berbagai tugas- tugas non- teaching. Kesulitan
pertama yang kami hadapi hanya dirundingkan oleh teman- teman mahasiswa Magang,
namun bila masalah tersebut tidak bisa kami atasi, maka kami kembali meminta
arahan pada guru pamong dan dosen pembimbing yang selanjutnya akan diselesaikan
bersama- sama, hal ini kami lakukan karena dalam berkonsultasi kami selalu
diberi arahan yang sangat baik oleh guru pamong dan dosen pembimbing kami
dengan sangat bijak, jadi masalah yang kami hadapi dapat terselesaikan dengan
baik.
Kegiatan
non teaching terbatas dibandingkan dengan kegiatan lainnya yang mesti dilakukan.
Hal ini di sebabkan karena kurang kesempatan, baik oleh mahasiswa
Magang sendiri
maupun siswa siswi yang menjadi sasarannya. Oleh karena itu kegiatan non
teaching dilakukan hanya ketika kegiatan tersebut tidaklah mengganggu kegiatan
belajar siswa siswi.
C.3. Latihan Mengajar
Dalam praktik mengajar, mahasiswa calon guru dituntut untuk
dapat melaksanakan tugas secara maksimal, agar apa yang telah disampaikan
kepada siswa dapat diterima dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Sebelum pelaksanaan praktik mengajar
di depan kelas terlebih dahulu yang dilakukan mahasiswa/calon pendidik adalah
mempersiapkan bahan atau materi pelajaran yang hendak diberikan kepada siswa
seperti rencana pembelajaran, media dan yang lainnya. Selain itu yang
terpenting sebelumnya mahasiswa bersama
dengan guru pamong menyusun jadwal untuk kami mengajar di kelas, baik untuk
latihan dan ujian atau penilaian dengan dosen pembimbing.
Setelah tahap persiapan matang,
kemudian bahan atau materi yang dibuat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan
guru pamong sebelum dipraktikan di depan kelas.
Dalam usaha pencapaian tujuan
pembelajaran yang diharapkan baik selama latihan maupun ujian, mahasiswa calon
guru berusaha menggunakan berbagai alat bantu atau media pembelajaran yang
bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Sementara
itu, guru pamong terus memonitor pelaksanaan praktik mengajar yang dilakukan,
mulai dari awal pelajaran sampai akhir pelajaran sehingga dapat terlihat
kelebihan yang harus kita pertahankan dan kekurangan yang harus kita perbaiki
dalam kegiatan mengajar selanjutnya.
Pada setiap akhir proses belajar
mengajar yaitu kurang 10 menit terakhir diadakan post-test untuk mengetahui tercapai atau
tidaknya tujuan pembelajaran yang telah tercantum pada setiap rencana
pembelajaran.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan
Setelah
penulis melaksanakan Magang 3 dengan segala aktifitas, maka penulis dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
a)
Magang 3 merupakan suatu mata kuliah yang sangat menunjang
keberhasilan mahasiswa untuk mendapat kompetensi dan performansi yang
diharapkan lembaga maupun pihak lain yang membutuhkan.
b) Magang 3 merupakan realisasi dari
pembelajaran yang ditemui di kampus, dan merupakan gambaran nyata dari permasalahan
yang akan ditemui di lapangan.
c) Ilmu yang diperoleh di kampus tidak
selamanya dapat diterapkan langsung di
lapangan (
di sekolah), tetapi harus menyesuaikan dengan lingkungan sekolah masing-masing.
Siswa dan lingkungan sekolah sangat kondusif untuk proses belajar mengajar.
d) Pelaksanaan kurikulum di SMP Negeri 13 Makassar berjalan sesuai
dengan program yang direncanakan, hal ini disebabkan karena adanya kedisiplinan
dari berbagai pihak, mulai dari pihak kepala sekolah, guru-guru, dan segenap
staf tata usaha yang menangani proses
pendidikan di SMP Negeri
13 Makassar
B.
Saran
Pelaksanaan MAGANG 3 dari tanggal 08 Agustus 2018 sampai
dengan 04 Oktober 2018 cukup membuat mahasiswa
Magang 3
kewalahan, pada awalnya kami semua ragu-ragu untuk masuk kelas, tetapi setelah
masuk dan memberikan materi pelajaran ternyata sangat mengasikkan. Dari pengalaman ini penulis
mendapat beberapa permasalahan dan kiranya saran-saran yang penulis berikan
kiranya dapat ditindak lanjuti oleh pejabat yang berwenang. Adapun saran-saran
tersebut, yaitu:
a. Para mahasiswa yang akan melaksanakan
Magang 3
hendaknya perlu dipersiapkan sedini mungkin melalui pendidikan dan latihan
(Diklat) baik observasi lapangan maupun simulasi di kampus.
b. Perlu pendidikan dan latihan khusus
dalam pembuatan administrasi guru dan penangan permasalahn yang kiranya muncul
di sekolah.
c. Bagi seorang mahasiswa yang melaksanakan Magang 3, dalam melaksanakan observasi dan orientasi, sebaiknya waktu yang diberikan betul-betul dimanfaatkan
sebagaimana mestinya, sehingga dalam melaksanankan tugas selama di lokasi
Magang tersebut sesuai dengan yang diharapkan.
d. Bagi seorang mahasiswa yang melaksanakan Magang 3,
sebelum tampil di depan
kelas sebaiknya mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik dari segi penguasaan materi,
pengelolaan kelas, persiapan
mental serta kerapian atau kebersihan, sehingga dapat tercipta suasana yang
baik selama berlangsungnya proses belajar mengajar antara siswa dan guru (mahasiswa).
e. Sebagai mahasiswa Magang 3 harus memiliki
rasa percaya diri terutama
pada saat proses belajar
mengajar berlangsung, sehingga dapat menghasilkan feed back (umpan balik) antara guru
(mahasiswa) dengan siswa, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang kondusif.
Posting Komentar untuk "Laporan Magang 3 Unismuh Makassar"